Menggengam Pengetahuan Dari Semua Ruang Dunia

Ad 468 X 60

Monday, July 1, 2013

Kompetisi Robot Indonesia Tembus 8 Besar Dunia

Kompetisi Robot Indonesia Tembus 8 Besar Dunia
Centroone.com-Surabaya - Tim Robot "EEPIS Robot Soccer" (EROS) dari Universitas Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) tim ini telah masuk delapan besar dalam kontes Robot Dunia "RoboCup 2013" di Eindoven, Belanda pada 26-30 Juni.



Tim ini EROS terhenti ketika memasuki ke Delapan Besar dalam konpetisi Dunia, dalam meraih untuk masuk di Delapan Besar Dunia mereka terhenti dan puas kalah dengan skor 1-3 melawan tim Robot AUT-Man dari Iran, ungkap Humas PENS Andri Suryandari M.Med.Kom

AUT-Man menurut dia dalam beberapa tahun terakhir Tim ini sudah berpengalaman sejak tahun 2005-2006 di turnament RoboCup, dikalahkan dengan skor 1-3 tetapi Tim ini bisa melesakkan satu  gol, setelah bola mengalir bergantian dari daerah EROS de daerah AUT-Man.

Pengasaan bola Tim EROS lebih menguasai jalannya pertandingan serta menggocek, mengutip bola dan melepaskan diri dari kepungan Tim lawan meski robot mereka lebih kokoh dibandingka Tim kita. Sempat beberapa kali Tim EROS membuat beberapa kesempatan dengna berhadapan langsung dengan keeper AUT-Man, ungkapnya.

Dr Endra Pitowarno selaku ofisial sekaligus perwakilan juri (Kontes Robot Indonesia)itu, tiga kali tendangan langsung ke gawang lawan gagal membuahkan gol karena melenceng ke sisi kanan.

Dari beberapa pertandingan yang berjalan, ada perbedaan pertandingan yang diselenggarakan di indonesia dengan pertandingan di RoboCup 2013. Disini tidak ada kain pembatas antara juri dan anggota tim yan bermain. Perbedaan lain dari sisi lapangan semua gawang berwarna kuning, sulitnya sebuah robot harus membedakan dimana gawang lawan dan gawangnya sendiri.  Faktor adaptasi lapangan menjadi hal yang penting," katanya.

Sebelumnya pertandingan ini tim EROS berasil memenangkan persaingan melawan TH-MOS dari University Tsing Hua China dengan skore bagus 6-0. Pada pertandingan lain dimenangkan EROS adalah pada saat melawan tim WF-Wolf Jerman, skore 4-0 Dua pertandingan lainnya melawan snoBots Canada kita menang dengan skokre 5-0 dan yang terakhir ketika melawan Cyberlords Mexico, skore 10-0

SHARE THIS POST   

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati

0 comments:

Partner

Blogging Fusion Blog Directory